Senin, 11 Januari 2016

KENAPA IBLIS TIDAK MAU SUJUD KEPADA NABI ADAM..?

Beberapa orang mengatakan bahwa keputusan Iblis untuk tidak sujud kepada Adam adalah sebuah refleksi keilmuan Iblis yang sangat tinggi. Mereka mengatakan,"Iblis tidak sujud kepada Adam karena bagi Iblis hanya kepada Tuhan saja dia boleh sujud. Iblis tidak mau sujud kepada apapun kecuali hanya kepada Tuhan saja!" Nah hebat bukan? Benarkah demikian? Ternyata Allah menjelaskan semuanya dalam Quran surat Al A'raf ayat 12. Marilah kita simak, apa masalah sebenarnya : Kenapa Iblis Tidak Mau Sujud Kepada Adam?


Dalam Quran surat Al a'raf ayat 11 disebutkan demikian,
"Dan sungguh telah Kami ciptakan kalian (manusia) kemudian Kami sempurnakan bentuk kalian, Kemudian (saat itu) Kami berfirman kepada para malaikat,"sujudlah kalian semua kepada Adam!" Maka mereka semua bersujud kecuali Iblis. Tidaklah dia termasuk orang yang tunduk bersujud."


Dari peristiwa itu sebagian orang mengatakan bahwa
"Iblis tidak sujud kepada Adam karena bagi Iblis hanya kepada Tuhan saja dia boleh sujud. Iblis tidak mau sujud kepada apapun kecuali hanya kepada Tuhan saja!"
Pernyataan ini sekilas menjelaskan hakikat kebenaran Iblis. Padahal pendapat ini sangat berbahaya. Sekali membenarkan pendapat Iblis maka runutan berikutnya pasti akan terlihat seolah olah kesalahan itu ada pada Adam, Malaikat yang bersujud dan Allah yang memerintahkan bersujud. Coba perhatikan, pernyataan diatas akan berlanjut pada perntanyaan berikut,
"Bukankan Allah sendiri memerintahkan makhluknya untuk tidak menyembah selain Allah? Lalu kenapa pula Allah memerintahkan malaikat untuk bersujud pada Adam?


Bedanya "sujud" dan "menyembah"

Ada dua penyebab utama kenapa orang berpendapat demikian: tidak paham bahasa Quran dan tidak pernah baca Quran. Yang dilarang oleh Allah adalah menyembah selain Allah  bukan bersujud. Kalimat dalam qurannya juga berbeda :
yang benar adalah ,"La ta'buda illa Allah"  (jangan menyembah (ibadah) pada selain Allah)
bukan "La tasjuda illa Allah" (jangan bersujud pada selain Allah)
Ta'abudi (penyembahan, pengabdian, ketaatan) hanya untuk Allah saja, sementara sujud (penghormatan, pengakuan, penghargaan) merupakan sesuatu yang memang seharusnya diberikan kepada orang yang dimuliakan. Coba perhatikan beberapa ayat Quran lain yang menceritakan tentang sujudnya gunung gunung kepada nabi Daud. atau kedua orang tua Nabi Yusuf dan sudaranya bersujud kepada Nabi Yusuf.


Sebab Sebenarnya Iblis Tak Mau Sujud

Kalau pendapat sesat diatas tidak didasarkan pada petunjuk dan kitab yang menerangi (la hudan wa la kitabin munir), maka sebenarnya penyebab pembangkangan Iblis itu terungkap dalam Quran surat Al A'raf ayat 12,
"Dan Allah berfirman,"Apa yang menyebabkan kamu tidak mau bersujud kepada Adam, ketika Aku perintahkan?"  Iblis menjawab,"Aku lebih baik daripada dia (Adam); engkau ciptakan aku dari api sedangkan dia (Adam) Engkau ciptakan dari tanah"


Nah inilah hakikat sesungguhnya Kenapa Iblis Tidak Mau Sujud Kepada Adam. Iblis merasa lebih baik daripada Adam. Konsekuensinya kalau memang harus ada perintah sujud mestinya Adam yang harus sujud pada dia, bukan sebaliknya. Begitu kira kira cara pikir Iblis.


Jadi tidak benar bahwa Iblis menolak permasalahan sujud kepada sesama makhluk. Dan sebenarnya yang dilakukan Iblis dan kelompoknya (hizbus syaithon) sampai sekarang ini adalan berusaha agar manusia mau bersujud kepada Iblis. Bahkan bukan cuma bersujud, Iblis telah sampai pada hasutan paling jahat yaitu penyembahan(ketundukan) dan ketaatan kepada Iblis.


Mudah mudahan bermanfaat . Aamiin.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar