Minggu, 19 Juni 2016

Beberapa Cara Menangkap Ikan Secara Tradisional Di Indonesia

Indonesia terkenal sebagai negara maritim di mana sebagian daerahnya merupakan perairan. Dengan perairan yang sangat luas tak heran hasil ikan di indonesia juga cukup melimpah dan mudah untuk di dapat. 

Di perairan indonesia hidup berbagai spesies ikan mulai dari ikan air tawar hingga ikan penghuni lautan. Ikan-ikan ini kerap di tangkap guna untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ataupun sebagai ikan peliharaan. Banyak cara yang bisa di lakukan untuk menangkap ikan, khususnya menggunakan cara cara tradisional yang biasa di lakukan oleh masyarakat indonesia. Berikut penjelasan alat untuk menangkap ikan dan beberapa cara menangkap ikan secara tradisional yang biasa di lakukan masyarakat indonesia :

Menangkap Ikan Menggunakan Bubu



Bubu merupakan perangkap ikan yang terbuat dari anyaman bambu namun di beberapa wilayah di indonesia ada juga yang membuat bubu dari bahan lain seperti jaring kawat, anyaman rotan bahkan dari botol minuman bekas.






Bentuk bubu beraneka ragam, ada yang berbentuk panjang, persegi empat, lonjong dan setengah lingkaran. Adapun cara penggunaan bubu cukup meletakannya di dasar air seperti di sungai, danau ataupun kolam. Keunikan dari bubu adalah ketika ikan telah masuk ke dalamnya maka ikan-ikan tersebut akan kesulitan dalam mencari jalan keluar, padahal lubang untuk jalan keluar terbuka lebar. Agar ikan terpancing untuk masuk ke dalam bubu, ada baiknya juga meletakan makanan sehigga ikan tertarik untuk masuk.


Menangkap Ikan Menggunakan Tangkul




Alat untuk menangkap ikan selanjutnya adalah tangkul. Tangkul merupakan perangkap ikan tradisional yang terbuat dari beberapa bahan seperti jaring ikan dan batang bambu sebagai penopang jaring. Adapun jenis bambu yang biasa di gunakan adalah bambu kuning dimana jenis bambu ini terkenal dengan batangnya yang kuat dan tahan lama.

Jaring yang digunakan biasanya berbentuk segi empat dimana pada setiap sudut jaring di ikat pada bambu. Untuk menggunakan perangkap ikan jenis ini sebenarnya sangatlah sederhana, pengguna hanya perlu menenggelamkan tangkul. Setelah beberapa jam barulah tangkul di angkat dengan menarik tali yang telah terpasang pada tangkul. Penggunaan tangkul untuk menangkap ikan terbilang cukup efektif dan hal ini terbukti masih tingginya penggunaan tangkul oleh masyarakat indonesia, khususnya di daerah-daerah aliran sungai di beberapa provinsi di indonesia.

Menangkap Ikan Menggunakan Rawe






Rawe atau ada juga yang menyebutnya Rawai merupakan salah satu cara menangkap ikan yang banyak di terapkan oleh masyarakat pesisir sungai dan danau, terutama yang berprofesi sebagai nelayan. Rawai digunakan dengan cara mengikat puluhan hingga ratusan kail pancing pada sebuah tali utama yang juga di lengkapi pelampung. Selanjutnya rawai di tebar di sepanjang aliran sungai atau danau dengan bantuan sampan atau perahu kecil. Penggunaan rawai memiliki peluang mendapatkan ikan lebih banyak bila di bandingkan dengan kegiatan mancing pada umunya.

Menembak Ikan/Menombak Ikan




Ada dua cara yang biasa dilakukan dalam proses berburu ikan menggunakan tembak ikan ataupun tombak, yaitu menembak dengan cara menyelam ( biasa di lakukan masyarakat pinggir pantai) dan menembak dengan cara menelusuri sepanjang pinggiran danau ataupun sungai. Banyak jenis ikan yang bisa di dapat menggunakan cara ini, bahkan jenis lobster air tawarpun mampu di tangkap. 

Menangkap Ikan Dengan Racun Dari Tumbuhan (Tuba)

Menangkap ikan menggunakan racun yang bersumber dari tumbuhan mungkin masih terdengar asing bagi banyak orang, maklum saja cara ini memang sangat jarang di temui. Menangkap ikan menggunakan racun yang bersumber dari tumbuhan biasanya di lakukan oleh suku-suku pedalaman atau suku primitif yang ada di indonesia.




Adapun cara menangkap ikan menggunakan cara ini adalah dengan mengambil daun, kulit batang pohon ataupun akar pohon tertentu yang memiliki kemampuan untuk meracuni ikan. Selanjutnya daun, kulit batang ataupun akar tersebut di masukan ke dalam air  hingga ikan mengalami keracunan. Beberapa tumbuhan yang dapat di gunakan sebagai racun ikan adalah daun dan biji akasia, akar pacing tawar.costus, akar derris eliptica/tuba. buah dari tumbuhan baringtonia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar