Kamis, 13 Agustus 2015

Inilah Pentingnya Pengetahuan dalam Berwirausaha

BERWIRAUSAHA ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan. Dalam berwirausaha bukan hanya keuntungan yang akan Anda dapatkan. Tapi, Anda juga bisa saja mengalami kerugian. Bagi Anda yang ingin berwirausaha, Anda harus memiliki ilmu yang khusus terlebih dahulu. Dengan modal dasar pengetahuan, maka Anda dapat mengetahui bagaimana cara berwirausaha yang baik dan benar.

Seorang wirausaha harus memiliki pengetahuan khusus terkait dengan bisnis yang akan dijalankan. Tanpa mengetahui seluk-beluk produk atau dinamika market tertentu, seorang wirausaha menempatkan dirinya pada kegagalan. Kurangnya pengetahuan akan membuat keputusan yang buruk dan belajar dari kesalahan yang mahal bukanlah hal yang mudah bagi seorang wirausaha.

Ketika seorang wirausaha men-set bisnis, hanya ada satu peluang yang sempit satu atau paling banyak dua tahun dimana seorang wirausaha harus sukses sebelum dirinya kehabisan sumber atau energi. Terlepas dari pengetahuan khusus, seorang wirausaha juga harus memahami dasar area dan perdagangan bisnisnya dengan cepat, mulai dari akun dan administrasi sampai marketing dan produksi.




Bekal kewirausahaan berupa pengetahuan perlu dimiliki. Beberapa bekal pengetahuan yang harus dimiliki wirausaha adalah :

a) Bekal pengetahuan bidang mengenai usaha yang dimasuki atau dirintis dan lingkungan usaha yang ada di sekitarnya.

b) Bekal pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab.

c) Pengetahuan tentang kepribadian dan kemampuan diri.

d) Pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis.

Dengan adanya pengetahuan tersebut, maka seorang wirausaha dituntut untuk bisa kreatif dan inovatif yang tercermin dalam:

• Kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start-up).

• Kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative).

• Kemampuan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity).

• Kemampuan dan keberanian untuk menanggung resiko (risk bearing).

• Kemampuan untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya.

Untuk menjadi wirausaha yang sukses tentu saja harus memiliki kompetensi dalam menghadapi resiko dan tantangan. Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan dan kemampuan individu yang langsung berpengaruh pada hasil. Karena wirausaha adalah orang yang selalu berorientasi pada hasil. [rika/islampos/indraharsono12/zudi-pranata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar