Jumat, 16 September 2011

Perang Urat Syaraf - Propaganda Barat



Kali ini saya ingin mengangkat issue perang urat syaraf (Psychological Warfare), kenapa? Karena menurut saya perang urat syaraf bisa jauh lebih berbahaya dampaknya dibandingkan dengan perang nyata (tergantung dari perspektif mana kita mau melihatnya).
Perang Urat Syaraf juga bisa dibilang sebagai Perang Propaganda, dimana media adalah merupakan senjata-senjatanya.

Perang urat syaraf dapat didefinisikan sebagai agenda yang dirancang dengan memanfaatkan berbagai sarana, guna mempengaruhi pemikiran, perasaan serta perilaku pihak kawan dan musuh demi kepentingan tertentu. Kini, dunia dipenuhi oleh media-media besar Barat yang mengemas propaganda anti-negara-negara sedang berkembang dalam rangka memperluas hegemoni dan mengeruk kekayaan lokal. Dalam propaganda ini, Barat berupaya menyiapkan kondisi untuk infilterasi terhadap negara-negara ketiga dan mereduksi sensitivitas masyarakat setempat atas arogansi dan hegemoni Barat. Dengan ungkapan lain, media Barat itu dikemas sedemikian rupa untuk pembodohan rakyat sehingga segala hegemoni dan arogansinya tidak direaksi oleh masyarakat.

Bersamaan dengan berkembangnya industri percetakan, media-media audio dan visual, manusia pun dapat menguasai upaya mempengaruhi opini umum itu dengan menguasai industri itu. Kekuatan itu kian dahsyat di abad ke 20 menyusul berkempang pesatnya radio dan televisi di tingkat global. Di Perang Dunia II, Nazi menggunkan propaganda besar-besaran. Hal yang sama juga dilakukan pasukan sekutu. Perang urat syaraf yang diistilahkan saat ini, sudah dimulai sejak Perang Dunia II dan berlanjut hingga setelah perang, bahkan kian bergolak hingga kini. Saat ini, ribuan televisi dan radio di seluruh dunia, khususnya Barat, digunakan sebagai alat propaganda untuk kepentingan hegemoninya. Dengan munculnya internet, perang propaganda pun kian luas dan pelik.

Dalam konteks ini, saya ingin sedikit me-review sekaligus menunjukkan salah satu cara atau contoh-contoh bagaimana sebuah propaganda dilancarkan untuk membuat sebuah opini umum yang akan mempengaruhi masyarakat dunia maupun pada masyarakat sebuah negara yang sedang di propagandakan. Dan saya akan mengambil Bangsa Iran sebagai contoh soal, bagaimana bangsa ini terus di serang dengan propaganda-propaganda yang dilancarkan oleh AS dan Israel, demi kepentingan mereka di kawasan.

Berikut ini saya mengutip pernyataan-pernyataan dari orang-orang yang ingin memojokkan, mencari gara-gara, menghasut, berbohong, fitnah dan segala macamnya. Yang tidak lebih tujuannya adalah ingin menghancurkan sebuah bangsa yang paling lantang dan berani dalam melawan kekuatan hegemoni barat di kawasan. 


"Kongres  Yahudi  Eropa  memiliki  peran yang  sangat  penting  dalam  perjuangannya terhadap Iran.  Kami  bukanlah  duta  Israel,  tetapi kita  bisa  menekan  pemerintah  kita  dan menjelaskan  bahayanya " - Presiden  Komunitas  Yahudi  Austriam Ariel Muzicant,  seperti dikutip  oleh  Amiram  Barkat, "adalah sekutu Putin pelopor untuk kepala Kongres Yahudi Eropa", HAARETZ.com

Komen pribadi : Tujuannya tidak lebih untuk Menghasut.


"Sehubungan  dengan kerangka waktu ... kami  memutuskan  bahwa  akhir tahun  2007  akan menjadi  titik  untuk mereview  efektivitas  dari sanksi  dan  jumlah  pengaruh  mereka terhadap  Iran. Aku  tidak pernah  mengatakan tidak ada  opsi  militer,  dan  opsi  militer  termasuk dalam  semua  pilihan  yang  ada di  meja,  tapi  kali ini  adalah benar  untuk menggunakan jalan  sanksi,  dan untuk  mengintensifkan  mereka " -Menteri Perhubungan  Israel  Shaul Mofaz  seperti  dikutip  oleh"  Agencies  News. ",  "Mofaz:  Semua  pilihan,  termasuk  satu militer,  di atas  meja  tentang  Iran",  HAARETZ.com
Komen pribadi : Ini adalah bentuk ancaman gertak sambal dengan melecehkan bangsa Iran seakan-akan Iran tidak memiliki suatu kekuatan militer untuk memepertahankan negaranya.


"Saya  pikir  kita  harus  siap  untuk mengambil  tindakan  militer  agresif  terhadap  Iran  untuk menghentikan mereka  dari  membunuh  orang Amerika  di Irak.  Dan bagiku,  itu akan mencakup  serangan  kedalam perbatasan  Iran,  di mana  kita  memiliki bukti yang baik  bahwa  mereka  memiliki  basis  dimana  mereka  melatih  orang-orang ini datang  ke  Irak  untuk  membunuh  tentara  kita.  Jika mereka  tidak  bermain sesuai  aturan, kita harus  menggunakan  kekuatan  kita,  dan bagi saya  itu mencakup  tindakan  militer  untuk  menghentikan  mereka  dari  melakukan  apa yang  sedang mereka  lakukan " - Senator  Amerika  Serikat  Joseph  Lieberman,  dalam sebuah wawancara dengan  Bob  Schieffer  pada  Face  The Nation  pada  tanggal 10 Juni 2007," Lieberman: Bom saja Iran Jika Ini juga Tidak Menghentikan."
Komen pribadi : kurang lebih sama dengan komen saya di atas, orang ini terlalu memandang remeh Iran.


"Sudah  terbukti  secara meyakinkan Bahwa  Iran  tidak  akan  berbicara  tentang  program nuklirnya.  Jadi  untuk menghentikan mereka  dari  melakukan  hal itu,  kita  harus  secara besar-besaran  meningkatkan  tekanan.  Jika kita  tidak  bisa  mendapatkan  cukup  negara-negara  lain  untuk  ikut serta  dengan  kita untuk  melakukan  itu,  maka  kita harus  masuk dengan perubahan  rezim  dengan  memperkuat  kelompok-kelompok  oposisi  dan sejenisnya,  karena itulah  keadaan yang  yang paling mungkin bagi  pemerintah  Iran  untuk memutuskan  bahwa  itu  lebih aman  untuk tidak  melanjutkan  program senjata  nuklir  dari pada  terus melakukannya.  Dan jika  semua pilihan ini gagal,  jika  pilihannya  antara  kemampuan  nuklir Iran  dan  penggunaan  kekerasan,  maka  saya  pikir  kita  perlu  melihat  pada  penggunaan kekerasan  [***]  Jika  pilihan  mereka  untuk terus  [menuju sebuah bom nuklir]  atau penggunaan  kekerasan,  saya  pikir  Anda  berada di  sebuah  barisan Hitler  ke  titik Rhineland.  Jika  Anda  tidak  berhenti  maka,  masa  depan  ada  di tangannya,  bukan berada di tangan  Anda, seperti halnya  keputusan  masa depan  dalam program  nuklir mereka  akan  berada di  tangan  Iran, bukan kami. " -Mantan  Duta Besar AS  untuk  PBB John  Bolton,  seperti  dikutip  oleh  Toby  Harnden, " Kita  harus  menyerang  Iran  sebelum mereka mendapat  bom ", Telegraph.co.uk 17 Mei 2007
Komen pribadi : Juga ancaman gertak sambal sekaligus menghasut negara-negara anggota PBB agar percaya dan mendukung AS dan Israel untuk memberikan sanksi terhadap Iran atas program senjata nuklir yang dituduhkan, yang sampai sekarang tidak pernah dibuktikan (ingat kasus Irak?)
Secara tidak langsung mereka (AS) mengakui bahwa mereka melakukan infiltrasi ke dalam dengan memperkuat kelompok oposisi yang didanai oleh mereka dengan tujuan membuat kekrisuhan di dalam negeri.


"Dengan  membawa  dua kelompok penyerang  di  Teluk, kami  mengirimkan  pesan  yang jelas  kepada teman  dan  lawan  Serupa  Kita.  kami akan menjaga  jalur  laut  terbuka.  [...] Kami akan  berdiri  dengan  pihak lain untuk  mencegah Iran  memperoleh  senjata  nuklir  dan mendominasi  daerah ini " -  Wakil  Presiden Amerika  Serikat  Dick  Cheney,  seperti dikutip  oleh  Graham  Bowley,  "pembawa pasukan di  Teluk,  Cheney  memberi Peringatan  untuk  Iran", The  New  York  Times  www.nytimes.com, 11 mei 2007
Komen pribadi : mendominasi wilayah kawasan? Ini menjelaskan tujuan sebenarnya.

"Iran  adalah  negara pendukung  terorisme.  Kita semua  tahu.  Iran  terus  berupaya untuk  membangun  senjata  nuklir mereka..  Iran  sekarang  mengekspor  IED  mematikan dan  para jihadis  dan  pembom  bunuh diri  ke  Irak  untuk membunuh  tentara  Amerika.  bangsa Iran  mendorong  Hezbullah  untuk  menyerang  Israel  dari  Lebanon  baru-baru ini. Iran  menimbulkan  salah satu  ancaman  terbesar  untuk  dunia,  terhadap keamanan  dunia, dan  di  Timur  Tengah.  Saya  percaya bahwa  Iran  sudah  mendapatkan,  kita  harus memberikan tekanan  yang lebih besar  untuk   diplomatik,  ekonomi,  politik, bergabung  dengan  Eropa  sekutu  Kami.  Kami masih takut  efek  dari  terputusnya minyak  pada,  dari,  ke Eropa. Kami harus bekerja  sama.  Jika  Rusia  dan  Cina  tidak membantu  kita,  maka  kita  lebih baik  mencari  cara  menempatkan  tambahan  tekanan mendorong  demokrasi  dan  kebebasan  di  Irak,  yang merupakan  sangat berbudaya...  di  Iran,  dimana  merupakan  masyarakat  yang sangat  berbudaya.  Pada akhir dari  ini,  kita tidak bisa  membiarkan  Iran  untuk memperoleh  senjata  nuklir.  rasa takut  terbesar saya adalah  Iran  memperoleh  senjata  nuklir, dan memberikannya kepada  sebuah  organisasi  teroris,  dan  ada  ancaman  nyata  tentang mereka  melakukan hal  itu.  Kabel  diplomatik [untuk  serangan AS  di  Iran]  adalah, bahwa jika  mereka  memperoleh  senjata-senjata ini,  dan  mereka ,  intelijen  kita memberitahu kita,  bahwa ini  adalah  ancaman  nyata  bagi  negara  Israel,  untuk  negara-negara lain  di  kawasan  itu, tetapi  saya  ingin  menekankan,  Chris.,  ada  banyak  upaya tambahan  yang  dapat  dibuat  dan  harus  dilakukan  sebelum  kita  menganggap  ada pilihan.  Ada  banyak  hal  yang dapat kita lakukan,  Itu  adalah  pilihan  final  dan saya tidak  berpikir  kita  perlu  latihan  itu  pada  saat  ini.. " -U. S. Senator  dan  calon presiden John  McCain, Debat Calon Presiden Partai Republik,
Komen pribadi : Menghasut masyarakat AS agar percaya bahwa Iran sebuah negara yang memusuhi AS, mempunyai Nuklir, dan mendukung "teroris". 

"Hal ini sangat  tergantung  pada  apa yang  intelijen  kita  katakan,  maksud saya adalah  kenyataannya  penggunaan  kekerasan  militer  terhadap  Iran  akan  sangat berbahaya.  Ini akan  sangat  provokatif..  Satu-satunya hal  buruk  bisa  terjadi adalah Iran menjadi  kekuatan  nuklir." - calon Presiden  AS Rudy Giuliani, Debat Calon Presiden Partai Republik,
Komen pribadi : Bahkan kandidat presidenpun harus jelas sikapnya terhadap persoalan Iran, sebelum dia menjadi presiden, dan sekali lagi ingin mempengaruhi opini publik bahwa Iran memiliki nuklir.

"Saat  ini  Iran  sedang membawa peralatan  ke  Irak  yang  sedang  digunakan Iran untuk membunuh  orang Amerika.  Iran telah melewati batas.  Amerika  Serikat  memiliki  izin mutlak  pada  titik  ini untuk  mengambil  tindakan  apapun  yang diperlukan  untuk menghentikan  instrumen mematikan  tersebut  agar tidak  bergerak  melintasi  garis  yang digunakan  dalam  bahan  peledak,  bom  pinggir jalan  di  Irak. Dan,  terakhir,  kau  tahu kita  tidak  harus mendapatkan  ke  tepi  tebing  pada  pengayaan  uranium dan  plutonium yang akan digunakan untuk  senjata  nuklir  di Iran.  Amerika   Serikat   perlu   untuk   bergerak  sangat   cepat "  - Kongres   AS  dan  kandidat   Presiden   Duncan  Hunter, Debat Calon Presiden Partai Republik,
Komen pribadi : Persis dengan yang di atas.

"Jika  kita  harus  mengambil  tindakan militer  ofensif  terhadap  Iran,  itu  akan jauh  lebih baik  jika  seluruh dunia  melihatnya  sebagai  posisi  terakhir, bukan  resor  pertama,  karena pengaruh  dan  akibatnya akan  global." – Senator ,  dan  Calon  Presiden, Hillary  Rodham  Clinton,  seperti dikutip  oleh  Hilary  Leila  Krieger,  "Clinton:  AS  mungkin harus  menghadapi  Iran",  The www.jpost.com Jerusalem Post.
Komen pribadi : Mengancam dengan harapan Iran sedikit terpengaruh, yang dalam kenyataanya kita sama-sama tahu bahwa Iran tidak bergeming sedikitpun.

"Saya percaya  bahwa  pada akhirnya  prospek  yang sesungguhnya dalam  mendapatkan Iran  untuk  menyerahkan senjata  nuklir  adalah dengan mengubah  rezim,"  kata  Bolton  kepada wartawan setelah  pidato  off-the-record  ke  Hudson  Institute,  sebuah  organisasi  non-partisan penelitian  kebijakan.  Bagaimana  seharusnya  ini  dilakukan?  "Dengan  kekuatan  rakyat Iran  sendiri,"  jawab  Bolton  Tapi  kalau  alternatif  adalah  nuklir  Iran,  sebagaimana  tidak menyenangkan  seperti  penggunaan  akan kekerasan  militer,  saya  pikir  prospek  nuklir Iran  jauh lebih buruk."  -Edith  M.  Lederer,  Associated  Press  Writer,  mengutip  mantan  Duta  Besar AS  untuk  PBB,  John  Bolton,"  Bolton:  Iran  Tak Akan  Menyerah  Ambisi nuklirnya",  Associated  Press,  Guardian  Unlimited www.guardian.co.uk
Komen pribadi : Hasutan ini sedikit berpengaruh di dalam negeri Iran, dengan sempat terjadi kekrisuhan dengan terpilihnya kembali Mahmud Ahmadinejad sebagai Presiden secara sah dan mutlak. Pihak Oposisi sempat tidak terima dengan kekalahan hasil pemilu, dimana mereka sebelumnya terlalu percaya diri bahwa mereka akan memenangkan Pemilu. Namun Iran dengan cepat menyelesaikan persoalan ini dan tidak berlarut-larut.

Sebenarnya masih banyak kutipan-kutipan senada dengan di atas yang bisa saya tampilkan, tapi saya rasa cukup segitu dulu.
Kesimpulan yang bisa kita ambil, sesungguhnya perang urat syaraf atau perang propaganda ini, tidak lebih bertujuan menghasut dan memaksakan opini umum di masyarakat, dimana bukti-bukti yang seharusnya ditunjukkan disini, ternyata tidak diperlukan.

Ini adalah sebuah pemikiran dan pemahaman yang sudah keliru, dimana berkembang dengan begitu luas di masyarakat kita di abad modern ini. Lalu apa yang harus kita lakukan? 
Pertama, Educate Your Self, jangan pernah menerima mentah-mentah sebuah informasi apalagi jika datangnya dari media mainstream yang sudah dipersiapkan untuk kita. 
Kedua, Melakukan perlawan propaganda (perang pemikiran) dengan menggunakan media-media alternatif, yang juga digunakan oleh mereka yang melakukan propaganda menyesatkan. Salah satunya adalah media internet ini.

Rasulullah SAW merupakan sosok manusia yang paling berpengaruh dalam membimbing manusia ke jalan yang benar dan meluruskan pemikiran yang keliru.
Untuk itu saya secara pribadi menghimbau untuk melakukan langkah ketiga, yaitu TRUTH SEEKING ACTIVITY, dimana kita harus mencari informasi yang seluas-luasnya pada sebuah issue yang kita cukup menaruh perhatian pada issue tersebut. Carilah pendapat-pendapat alternatif dari para ahli, temuan-temuan baru yang tidak pernah diberitakan atau diinformasikan kepada kita melalui media mainstream, sampai itu semua dapat dibuktikan dengan bukti yang tidak terbantahkan. Jika belum, maka kemungkinan-kemungkinan lainnya masih terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar